free counters


My site is worth $2022.1.
Berapa harga Blog/Web Anda?

WHO KNOWS, WHO IS ACTUALLY THE GREAT AND THE MOST TERRORIST IN THE WORLD ?

Minggu, 27 November 2011

Yang Berharga dari Parenting Skill

Hari minggu tanggal 27 Nopember 2011, bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1433 H, awal tahun Hijriyah, ... sebuah undangan harus kami hadiri. Undangan dari Sekolah anak kami, yang menyelenggarakan Parenting Skill.

Setelah menyelesaikan tugas di rumah pagi itu, .. kami berdua, bersama istri, menuju ke aula RSUD tempat kegiatan dilangsungkan. Sudah cukup banyak wali murid yang hadir. Biasa, seperti acara-acara formal lain, target ketepatan waktu pelaksanaan sesuai jadwal tertulis di undangan, hampir bisa dipastikan tak bisa terlaksana, seperti juga dalam acara ini.

Dan seperti juga acara-acara formal lain, sambutan-sambutan dari berbagai unsur selalu mewarnai suatu kegiatan. Demikian juga dengan kegiatan ini. Meski sambutan-sambutan yang disampaikan baik dan relevan dengan tema, tetapi dalam momen seperti ini akan lebih bijak bila prioritas waktu adalah untuk pemateri. Tapi Alhamdulillah, pemateri tidak merasa kekurangan waktu banyak. Meski pada akhirnya harus menyampaikan materi dengan kecepatan cukup tinggi dan beberapa poin harus tidak perlu disampaikan, agar materi tercover oleh waktu yang tersedia.

Menarik, menggugah, menantang, dan luar biasa ... itulah kesan saya pada pemateri dan materi yang diberikan.
Bagaimana kita membangun karakter anak-anak, melejitkan potensi cerdas anak yang berkarakter Rasulullah, .. Tak hanya cerdas tapi mulia, ... Luar Biasa ... !
Agar kita bisa menanamkan karakter yang baik pada anak setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :

  1. Cek status label barang yang kita masukkan ke dalam mulut/perut anak kita (haram, ataukah halal, thoyyib atau tidak)
  2. Tak hanya yang ke mulut/perut, yang ke telinga (yang didengar), dan yang ke mata (dilihat), juga harus dijaga. Layak apa tidak untuk dikonsumsi anak kita
  3. Perbanyak sedekah
  4. Kuasai ilmu mendidik anak (ikuti workshop2, pelatihan2 parenting)
  5. Upgrade lah cinta anda pada suami atau istri anda. Karena jika ini daluwarsa, tidak update lagi, yang menjadi korban dan sasaran adalah anak. Dan ini sangat berbahaya bagi perkembangan jiwa, dan prsoses pembentukan karakternya. 
  6. Sung Tuladha, .. memberikan contoh, uswah atau teladan, adalah faktor  yang tak kalah sangat pentingnya bagi pembentukan karakter anak. Dan inilah mungkin satu-satunya faktor yang paling sulit.  

Sisi lain yang menggelitik saya adalah tips dari pemateri untuk guru (terutama guru yayasan tempat anak saya sekolah) agar bisa bersedakah jauh di atas jangkauan gaji yang diterimanya. Misal seorang guru mendapatkan gaji Rp. 800.000 per bulan, maka dengan tips ini dia mampu bersedekah pada yayasan sebesar Rp. 1.200.000.
Caranya ? Dengan bekerja keras, ikhlas, berkinerja sebagaimana guru yang digaji 2 juta perbulan dan memang sampai layak seharusnya mendapatkan gaji sebesar itu, maka jika ia meniatkan kekurangan gajinya yang Rp. 1.200.000 tersebut untuk disedekahkan pada yayasan, berarti dia telah bersedekah pada yayasan di mana dia mengajar sebesar Rp. 1.200.000 per bulan. Wow ... luar biasa bukan !?

Masalahnya adalah, ketika ada guru yang bergaji Rp. 4 juta per bulan, lalu kinerjanya sebenarnya pantas dihargai Rp. 2 juta, berarti dia berhutang Rp. 2 juta pada pemberi gaji. Bukankah begitu ... ? Ah ... seandainya benar begitu, ... kita nggak bisa menghitung, berapa hutang kita pada negara yang telah menggaji kita ....

Ada sponsor buku bagus menyertai keberlangsungan kegiatan ini. Penerbit produsen buku-buku Islami dan populer. Salah satunya adalah buku yang berjudul Muhammad Teladanku. Buku yang terkemas dalam 16 jilid ini tersaji dalam bentuk cerita bergambar menarik, yang sangat bagus dan cocok bagi anak-anak. Saya pun tertartik. Saya berharap istri saya juga demikian. Tapi dengan harga yang sedemikian, yang cukup fantastik, Rp. 4 juta sekian, .. mungkinkah istri saya berminat ? Mengingat istri selama ini, setahu saya kurang memiliki minat dalam kepemilikan buku.

Saya pun skeptis .. Tapi di luar dugaan. Ketika saya lama menunggu istri di luar gedung, saat kegiatan telah selesai, tangan saya ditarik istri untuk masuk ke ruangan, dan di sana, di dalam sana, sebuah Formulir Kontrak Jual Beli telah dia isi. Alhamdulillah, ... puji saya dalam hati. Untuk investasi anak .. nggak apalah .. katanya ...

0 komentar:

Posting Komentar

Slide

Picture Talk More Slideshow: Anang’s trip to Kabupaten Nganjuk (near Kediri), Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kediri slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Powered by Blogger