free counters


My site is worth $2022.1.
Berapa harga Blog/Web Anda?

WHO KNOWS, WHO IS ACTUALLY THE GREAT AND THE MOST TERRORIST IN THE WORLD ?

Sabtu, 11 Juni 2011

PTBK~Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (sebuah workshop)

Hari ini, 11 Juni 2011, bertempat di Gedung Anjuk Ladang Pendopo Kabupaten Nganjuk diadakan Acara Temu Ilmiah dengan Kegiatan Workshop PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) oleh ABKIN Cabang Nganjuk, yang diikuti oleh para Konselor SMP/MTs, SMA/MA/SMK se- Eks Karesidenan Kediri, yang meliputi Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk dan Blitar. Acara yang sedianya dimulai jam 08.00 mundur dan baru dimulai pukul 09.30. Beberapa delegasi dari luar kota sempat kesulitan untuk menuju ke lokasi kegiatan, karena secara bersamaan di Nganjuk ada acara Kirab Piala Adipura dan Adi Wiyata.
Acara diawali dengan pembukaan selanjutnya disusul dengan berbagai sambutan dengan Peserta Terakhir Kepala Dinas Dikpora Daerah yang sekaligus membuka acara sekitar jam 11.10 wib.
Bertindak sebagai Nara Sumber dalam acara tersebut adalah Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling UNESA, Bp. Mochamad Nursalim, M.Si, dan Ketua Abkin Cabang Nganjuk.
Informasi penting dan wawasan bagaimana semestinya PTBK, serta sebenarnya betapa mudahnya membuat PTBK disajikan dengan sangat antusias oleh Nara Sumber. Satu yang disayangkan, acara bernuansa ilmiah seperti ini menjadi kekurangan ketersediaan waktu, setelah start kegiatan molor, dan disita oleh kegiatan seremonial yang tidak penting semacam sambutan-sambutan yang mungkin bisa dikurangi atau ditiadakan keberadaannya. Hingga tiba waktunya acara inti dan ilmiahnya, waktu habis, sehingga ketika sedang semangat-semangatnya Bapak Nursalim menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan, beberapa kali moderator harus menyetop beliau. Karena waktu yang disediakan habis katanya. Sayang kenapa peraturan yang sama tidak diterapkan untuk acara sambutan ya ... ? Mestinya waktu untuk sambutan juga dibatasi cukup 10 menit saja misalnya. Sehingga format waktu untuk acara intinya betul-betul cukup tanpa menimbulkan ekses kertegesa-gesaan dari Nara Sumber ... Jadinya tujuan utama pertemuan ilmiah menjadi kurang maksimal dicapai. Materi yang disampaikan tidak tuntas, dan tidak ada cukup waktu untuk berlatih .. dan praktek. Semoga kegiatan sejenis di masa mendatang mempertimbangkan aspek-aspek ini. Dan menjadi lebih efektif dan efisien sebagaimana termaktub dalam kutipan sebagian isi sambutan Kepala Dinas Dikpora, yang senantiasa diwarnai oleh gelak tawa dan senyum geli para peserta workshop.
(foto-foto masih menunggu kiriman dari Pak Tarminto)

1 komentar:

Nanang Budi mengatakan...

Mas minta tolong kalo jenengan ada artikel PTBK di unduh aja di blog jadi teman-teman Konselor bisa membaca termasuk saya,hehehe.....suwun

Posting Komentar

Slide

Picture Talk More Slideshow: Anang’s trip to Kabupaten Nganjuk (near Kediri), Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kediri slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Powered by Blogger