free counters


My site is worth $2022.1.
Berapa harga Blog/Web Anda?

WHO KNOWS, WHO IS ACTUALLY THE GREAT AND THE MOST TERRORIST IN THE WORLD ?

Jumat, 24 Juni 2011

Ecosia, Mesin Pencari Data Internet Ramah Lingkungan


Sekali Kita Tekan Tombol "ENTER", Melesat CO2 ke Angkasa

Di mesin pencarian internet, orang hanya perlu mengetik sebuah kata yang dicari, kemudian menekan tombol “enter”, dan apa yang dia cari Insya Allah pasti ketemu. Terutama yang banyak nih, gambar-2 end situs begituan. Namun tahukah Anda, dengan melakukan hal kecil itu orang sudah menyebabkan produksi karbon dioksida atau CO2 ? Dan ini bisa terjadi ribuan kali bahkan, perdetiknya. Sophie Fabricius bekerja pada sebuah badan yang disebut “CO2-online”, sebuah badan sosial yang memberikan saran di internet, yang antara lain mengkhususkan diri pada masalah iklim.


Ia memberikan penjelasan, mengapa setiap kali menekan tombol orang menyebabkan perusakan iklim. “Pencarian informasi di internet menyebabkan pelepasan CO2 ke udara karena komputer pencari data bekerja dengan server besar. Server ini membutuhkan listrik dalam jumlah besar, yang menyebabkan CO2. Sebagian besar server tidak beroperasi dengan listrik dari sumber energi alternatif, melainkan dengan bahan bakar yang berasal dari fosil dan penyebab pengeluaran CO2 dalam jumlah besar,” katanya.

Oleh sebab itu, Christian Kroll yang berusia 26 tahun dan berasal dari Jerman mengembangkan mesin pencari baru yang ramah lingkungan. Google yang “hijau” itu bernama Ecosia, dan sekarang dapat digunakan dalam bahasa Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belanda dan Spanyol. Untuk proses pencarian, Ecosia menggunakan teknik dari Yahoo dan Bing.

Di samping hasil pencarian biasa mereka juga menampilkan iklan berupa sejumlah situs lain, yang dapat dibuka pencari data. Jika iklan tersebut dibuka, Yahoo, Bing serta Ecosia mendapat uang. Empat perlima pemasukan disumbangkan Ecosia bagi perlindungan lingkungan. Tetapi bagi Christian Kroll yang penting bukan hanya mendapat uang, tapi lebih karena bisa ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.Begitu katanya.

“Buat saya yang penting bukan mencari banyak uang. Melainkan menyumbangkan sesuatu untuk orang banyak. Tetapi jika tidak mendapat uang sama sekali, bagi saya, itu juga bukan jalan yang benar,” tambahnya. Kata-kata yang bijak bukan ?

Dari uang yang didapat, seperlimanya digunakan Ecosia untuk biaya administrasi dan gaji bagi lima pekerja bebas. Sisanya mengalir ke sebuah proyek perlindungan hutan tropis yang dijalankan organisasi perlindungan lingkungan World Wide Fund For Nature (WWF) di wilayah hutan Amazona di Brasil.

Dengan membantu perlindungan hutan tropis, Christian Kroll berusaha memberikan kompensasi bagi penggunaan energi, yang diperlukan setiap kali orang mencari data di internet. Dengan itu ia juga memberikan sumbangan untuk mencegah perubahan iklim.
Untuk melawan saingan yang sebesar Google, Ecosia mengalami kesulitan. Dan memang nggak perlu dilawan. Jadikan partner dan kompetitor. Penawaran yang diberikan Google jauh lebih besar. Di Ecosia, misalnya orang tidak dapat mencari peta, gambar atau video secara langsung. Untuk kata-kata tertentu yang dicari di Ecosia, hasilnya juga kurang tepat. Namun demikian, sejak mulai beroperasi tahun lalu, setiap harinya lebih dari 100 ribu orang menggunakan mesin pencari yang ramah lingkungan tersebut. Dan setelah baca artikel ini, semoga anda termasuk yang menambah dari jumlah 100 ribu orang tadi. (adopted from : Adipedia.com Blog Serba Tahu)

Nah sekarang mari kita coba aplikasikan mesin ini di komputer kita.

1. Yuk kita cari alamatnya dulu ... Nah ini dia ...
2. Lalu klik Install (tanda panah) seperti terlihat pada gambar di bawah ini, atau langsung aja click dari sini !



3. Kalo sudah, ikuti langkah Install selanjutnya seperti biasanya, jelas bisa dong !?


4. Sekarang kita pasangkan Mbak Ecosia ini di beranda peramban kita sebagai default.  Oke ? Caranya ?
  • Di menu atas peramban kita, silahkan Pilih Prefences / Alat
  • Terus Pilih Manage / Pengaturan
  • Terus Pilih Basics / Umum
  • Ketik http://ecosia.org  di belakang Beranda
  • Itu kalo kita pakai Firefox lho (kebetulan saya pakai dia) kalo yang lain, menyesuaikan sendiri ya ?
  • Seperti gambar di bawah nih ..
 


Nah, kelar deh .. dan Mbak Ecosia sudah mengganti posisi Mbah Google di default peramban kita. Emang sih, Mbak Ecosia ini nggak secanggih and selengkap Mbah Google fiturnya, tapi nggak apalah buat anak cucu kita nanti, demi lestarinya bumi ini kita berlatih sabar .. (he he he gayamu Nang, mikir anak putu barang). Lagian kita masih bisa koq tanya ini itu, lihat ini itu sama Mbah Google. Dan tetep boleh koq ! Ya kan Mbah ... ? Oke .. Selamat mencoba ! Pasti berhasil ..!





    1 komentar:

    MJ mengatakan...

    <<< Ini Bukan SPAM Kawan >>>

    hi sobat apa kabar? dah lama ne ane gak ada jalan ke sini.

    Berhubung domain co.cc dibanned oleh Google dan blog ane salah satunya yang terkena imbasnya, maka ane memberitahukan ke sobat untuk mengganti alamat link ane di blog sobat, dan jika blog ane belum terpasang di sini mohon dipasang kembali karena blog sobat sudah lama terpasang di blog ane (Silahkan ceck).

    Blog ane yang diganti linknya adalah :

    semula blog ane yang beralamat http://www.manrengat.co.cc/ (dengan Ancor Text : Man Rengat / Tutorial Blog Terbaru) mohon diganti alamatnya dengan http://mankita.blogspot.com/.

    Sekaligus ane pengen juga bertukar link sama sobat dengan blog baru ane yang lain, dan tentunya blog sobat juga sudah terpasang di blog ane tersebut.

    Blog ane yang baru yaitu :

    Blog Bahasa Indonesia :

    Investasi SAHAM


    Bisnis Forex


    Cara Sukses




    Blog Bahasa Inggris (Baru belajar Bahasa Ingris Sob, heheheh) :

    NeGeri Technology


    Lifestyle For you


    Game Community


    Mohon dipasang semua link blog ane, Code Link bisa sobat dapatkan dengan mengunjungi blog tersebut. Jika sobat keberatan untuk bertukar link dengan blog ane yang lain (Selain http://mankita.blogspot.com/), silahkan beritahu ane.

    Sebelumnya ane minta maaf kawan, link blog ane banyak banget (Maklum kawan, ane pengen bunya banyak blog/website seperti master2 blog yang bisa digunakan untuk ladang $$ , hehehehe)

    atas kerja samanya ane ucapkan terima kasih.

    Posting Komentar

    Slide

    Picture Talk More Slideshow: Anang’s trip to Kabupaten Nganjuk (near Kediri), Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kediri slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
    Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.

     
    Powered by Blogger