free counters


My site is worth $2022.1.
Berapa harga Blog/Web Anda?

WHO KNOWS, WHO IS ACTUALLY THE GREAT AND THE MOST TERRORIST IN THE WORLD ?

Kamis, 10 November 2011

Bayar Pajak Yuk ... !



Tanggal 21 Nopember 2011, tanggal terakhir pembayaran pajak kendaraan. Setelah upacara hari Pahlawan, ijin bayar pajak ke Samsat, sekalian balik nama.
"O inggih Pak, monggo ... ", jawab Bos dengan keramahan luar biasa memberikan ijinnya.
Setelah memarkir kendaraan, menuju loket pembelian Map. Untuk bayar pajak 5 tahunan, sekaligus ganti nama pemilik kendaraan, dikenakan biaya Rp. 14.000. Ini sudah plus kwitansi bermeterai Rp. 6.000. Karena kwitansi sudah disiapkan oleh pemilik kendaraan lama, jadinya yang dipakai yang sudah ada tanda tangannya pemilik lama, yang sudah aku bawa dari rumah. Ada baiknya sebenarnya, petugas menanyakan apakah wajib pajak sudah menyediakan kwitansi bermeterai atau belum. Jika belum, bisa beli di loket sini. Kalo sudah punya, ya, .. nggak perlu lah, ... beli !

Cek fisik kendaraan dilakukan oleh petugas. Ngesek, biasa orang bilang. Setelah
selesai cek fisik dengan biaya Rp. 40.000, berkas dibawa ke loket lain. Di loket ini bayar biaya Pembayaran Permohonan Pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Rp. 275.000.
Pengisian data adalah langkah selanjutnya. Dengan dipandu oleh bagian informasi yang berpenampilan ramah dan menarik, pengisian data menjadi lebih lancar, dan benar. Untuk jasa pemanduan ini tidak ada biaya.
Berkas dibawa ke loket BPKB untuk pengecekan dan pengesahan. Tidak ada biaya untuk ini.
Berikutnya ke loket pembayaran. Berkas diantrikan, menunggu panggilan dari bagian Kasir. Kurang lebih 50 menit menunggu, bagian Kasir memanggil. "Berapa biayanya Pak ?" tanyaku pada petugas. "Satu juta tiga ratus sebelas ribu Pak .. " Jawab beliau. Kubayar dengan uang pas. Kubaca rincian di lembar Bukti Pembayaran Pajak :
  1. BBN KB     = Rp. 461.000
  2. PKB           = Rp. 691.500
  3. SWDKLLJ  = Rp. 143.000
  4. Jumlah       = Rp. 1.295.500
  5. ditambah parkir berlangganan Rp. 5.500
"Ambil STNK di bagian paling timur Pak, .. " kata bapak petugas kasir. Di meja paling timur, aku berikan tanda pembayaran pajak tadi ke seorang perempuan berpakaian polwan. Dan STNKB pun diberikan. "Plat nomor di bagian belakang Pak .. " kata petugas tadi. "Untuk BPKB bisa diambil 3 bulan lagi, di Polres ... " jelas Mbak Polwan.
Di bagian pembuatan plat nomor, STNK saya tumpuk di antrian. Sekitar 10 menit proses pembuatan plat nomer selesai. "Lima ribu Pak ... " kata petugas pembuat sambil memberikan plat nomor kendaraan saya ...

0 komentar:

Posting Komentar

Slide

Picture Talk More Slideshow: Anang’s trip to Kabupaten Nganjuk (near Kediri), Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kediri slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Powered by Blogger