free counters


My site is worth $2022.1.
Berapa harga Blog/Web Anda?

WHO KNOWS, WHO IS ACTUALLY THE GREAT AND THE MOST TERRORIST IN THE WORLD ?

Sabtu, 07 Januari 2012

Tenangnya Menyontek ...

Begitu selesai membagikan lembar soal dan lembar jawaban, tak langsung aku menulis Berita Acara dan mengisi nomor dan nama peserta di lembar daftar hadir, seperti biasanya.
Rasa iseng dan ingin tahu lebih menggelitik untuk melihat suasana ujian di ruang sebelah. Dari sebuah lubang berukuran 30 cm x 14,5 cm di pintu tripleks yang menyekat dua ruangan, terlihat adegan tidak senonoh, he he he, .. adegan yang mencoreng rasa percaya diri, mandiri dan kejujuran. Yang ternyata merupakan fenomena lumrah yang menghiasi atmosfir ujian umumnya.

Di bangku baris ketiga dari belakang, seorang siswa laki-laki dengan rasa aman dan percaya diri yang tinggi membuka buku yang sengaja diletakkan secara terbuka di laci mejanya, sambil sesekali matanya melihat ke arah meja pengawas, beralih bergantian ke arah lembar soal dan buku contekannya. Beberapa menit saya tinggalkan pandangan dari lubang di pintu, untuk kembali melihat perkembangan berikutnya, merasa posisinya sangat aman dari pantauan pengawas, yang kulihat sekilas sedang asyik dengan koran bacaannya, seorang siswi yang duduk persis di belakang siswa pencontek tadi, juga dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi, tanpa terlihat kaku dan takut, mengeluarkan LKS yang sudah dipersiapkan dalam posisi terbuka, menariknya dari laci bangku, meletakkannya di atas paha dan membaca atau tepatnya mencari-cari jawaban dari soal yang ditanyakan.


Dan ketika pengawas ruang atas info yang saya sampaikan akhirnya menyita media contekan, tanpa ada sanksi apapun kecuali membuat catatan kecil di Berita Acara, maka sang siswa dan siswi dengan senyum ringan dan lebarnya seperti tak ada beban apapun, malu, takut, mengembang dari bibir mereka. Menyesal ? Malu ? Sepertinya ekspresi wajah yang mengguratkan suasana hati yang demikian, tak nampak di wajah mereka.

Jadi ingat ekspresi wajah penjahat, eh pejabat negeri ini yang terjerat kasus memalukan, memuakkan dan menderitakan rakyat banyak, yang sering muncul di layar-layar TV itu, .. Nothing to lose ... begitulah ... Dan ternyata inilah satu dari tempat embrio itu semua. Dan ternyata inilah miniatur gambaran carut marut kehidupan yang menunjukkan mulai menipisnya akhlak & karakter anak negeri ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Slide

Picture Talk More Slideshow: Anang’s trip to Kabupaten Nganjuk (near Kediri), Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Kediri slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Powered by Blogger